Fungsi Manajemen ??
Kebanyakan dari kita sudah sangat mengetahui apa arti
atau makna dari Manajemen, bahkan setiap individu memiliki pandangan
tersendiri jika ditanyakan hal yang sama. Lalu apa kita sudah mengetahui apa fungsi dari Manajemen? Langsung saja kita simak Fungsi Manajemen menurut Robbins.
1. Planning ( Merencanakan )
Yaitu mencakup mendefinisikan
tujuan, penetapan strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan. Hal tersebut dilakukan agar departemen sumber daya manusia dapat menyediakan tenaga kerja yang sesuai
dengan kebutuhan perusahaan.
2. Organizing ( Mengatur )
Yaitu menentukan tugas-tugas
apa saja yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan, bagaimana tugas-tugas
dikelompokkan,
siapa yang melapor
pada siapa, dan
di tingkat mana keputusan-keputusan harus dibuat.
3. Leading (
Memimpin )
Yaitu meliputi kegiatan memotivasi
bawahan, mengarahkan, menyeleksi
saluran komunikasi yang paling efektif , dan memecahkan konflik.
4. Controlling ( Pengendalian )
Yaitu memantau kegiatan-kegiatan untuk memastikan
bahwa semua orang mencapai apa yang telah direncanakan, dan mengkoreksi
penyimpangan-penyimpangan yang
signifikan.
Jadi, kesimpulan dari Fungsi Manajemen adalah
proses dalam merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan
anggota organisasi untuk
mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar