Minggu, 27 Oktober 2013

Fungsi Manajemen Itu Apa?



Fungsi Manajemen ??



Kebanyakan dari kita sudah sangat mengetahui apa arti atau makna dari Manajemen, bahkan setiap individu memiliki pandangan tersendiri jika ditanyakan hal yang sama. Lalu apa kita sudah mengetahui apa fungsi dari Manajemen? Langsung saja kita simak Fungsi Manajemen menurut Robbins.

Menurut Robbins (2002, p11), fungsi manajemen terbagi dalam empat fungsi yang setiap fungsinya saling berkaitan. Empat fungsi manajemen tersebut terdiri dari:


1.   Planning ( Merencanakan )

Yaitu mencakup mendefinisikan tujuan, penetapan strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan.  Hal tersebut dilakukan agar departemen sumber daya manusia dapat menyediakan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.



2.   Organizing ( Mengatur )

Yaitu menentukan tugas-tugas apa saja yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan, bagaimana  tugas-tugas  dikelompokkan,  siapa  yang  melapor  pada  siapa,  dan  di tingkat mana keputusan-keputusan harus dibuat.

3.   Leading ( Memimpin )

Yaitu meliputi kegiatan memotivasi bawahan, mengarahkan, menyeleksi saluran komunikasi yang paling efektif , dan memecahkan konflik.


4.   Controlling ( Pengendalian )

Yaitu memantau kegiatan-kegiatan untuk memastikan bahwa semua orang mencapai apa yang telah direncanakan, dan mengkoreksi penyimpangan-penyimpangan yang signifikan.


Jadi, kesimpulan dari Fungsi Manajemen adalah proses dalam merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar